Jurnal 2

RANCANG BANGUN APLIKASI 3D PADA PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY (download jurnal)

Oleh : Muttaqin.z (10111050)
Dosen Pembimbing : Fesrianevalda, ST., M.Cs
S-1 Teknik Informatika Universitas U’Budiyah Indonesia Banda Aceh
muttaqin2525@yahoo.co.id

  • Kelebihan:
  1. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, Augmented Reality (AR) pun dapat di implementasikan di berbagai bidang
  2.  Mampu menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yg dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis
  • Kekurangan :
  1. User harus menempatkan marker secara benar dan tepat dengan jarak rata-rata 30 cm di depan kamera serta terdapat cahaya yang cukup terang
  2. Ukuran objek 3D yang terlalu kecil ataupun terlalu besar
  3. Objek yang terkadang hilang dan muncul atau berganti dengan objek lain, dikarenakan posisi dan sudut pandang terhadap marker yang kurang sesuai dan pengaruh oleh cahaya.
  4. Cahaya yang berpengaruh sangat besar, yaitu apabila terlalu gelap marker tidak akan terbaca, begitu juga bila terlalu terang
  • Kesimpulan:
  1. Pada aplikasi magic book ini, semua model 3D animasi yang digunakan dapat ditampilkan dengan baik, namun pengguna harus menempatkan marker secara benar dan tepat dengan jarak rata-rata 30 cm di depan kamera serta terdapat cahaya yang cukup terang.
  2. Aplikasi yang dibuat dengan metode pendeteksian pola (marker detection) dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi yang nyata dan menarik AR, dan dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai contoh dalam media pembelajaran.
  • Tampilan Aplikasi

123

 

 

Download Jurnal

download.icon

 

 

Leave a comment